Sabtu, 27 April 2013

Umami?????


dari judul di atas mungkin ada yang penasaran,ada yang sudah tahu ataupun ada juga yang belum tahu sama sekali apa sich Umami itu?????
ok.....kita mulai za dari sini
Pernahkah kalian memasak di rumah?. Bisa itu masak nasi goreng ataupun Cuma sekedar mie instant, ataupun masakan lainya. Pastinya kita selalu memasukan penyedap rasa vetsin/mecin kedalam masakan yang akan kita olah.
Kita selalu memasukan atau menambahkan penyedap rasa kedalam makanan kita, karena masakan akan terasa kurang enak kalau tidak ditambahkan oleh bumbu penyedap yang satu ini.
Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal 5 rasa  yang bisa dirasakan oleh lidah/indra pengecap kita yaitu rasa manis,asam,asin,pahit dan pedas.
Memang benar rasa dasar yang bisa di rasakan oleh indra pengecap kita itu ada lima,tapi pedas tidak termasuk ke dalam rasa dasar itu.
Pada artikel berikut akan saya bahas kenapa pedas tidak termasuk atau di kategorikan ke dalam rasa, nah rasa dasar yang kelima yang benar adalah rasa umami.
Tentu kita sedikit asing mendengar rasa umami tapi rasa umami tidak asing dengan lidah orang indonesia apalagi bagi mereka yang sering makan mie instant,baso dan sebagainya.
Rasa umami adalah rasa gurih yang dirasakan lidah yang di sebabkan oleh glutamat inosinat dan guanilat yang banyak terdapat pada bumbu penyedap  masakan, tapi gurih belum bisa termasuk rasa dasar,karena umami berbeda dengan gurih. Gurih bisa terjadi dan di rasakan oleh lidah jika rasa dasar umami bercampur dengan rasa dasar yang lainya, jika kalian mau mencoba rasa asli dari umami coba saja cicipin sedikit vetsin yang mungkin ada di dapur kalian.
Umami sendiri berasal dari kedua jenis zat yang telah di sebutkan di atas yaitu glutamat dan guanilat. Sebenarnya dari kita kecil, kita sudah akrab dengar rasa dasar yang satu ini yaitu susu asi. Karena glutamat merupakan komponen utama penyusun asi dan lebih dari 50% asam amino ASI adalah glutamat yang merupakan sumber dari rasa umami.
Banyak studi yang telah mengkungkap peran umami dala kehidupan kita sehari-hari, salah-satunya untuk proses pencernaan. Umami mampu menjadi stimulan rasa di lidah dan di lambung sehingga memicu pencernaan untuk memproduksi cairan dan enzim tertentu, jika tidak percaya coba saja rasakan sedikit bumbu penyedap ke lidah kamu dan setelah beberapa detik kemudian air liur kamu akan lebih banyak di bandingkan ketika kamu merasakan rasa dasar yang lainya.
Berdasarkan penelitian,glutamat membantu proses pemasukan,pencernaan dan penyerapan makanan ke dalam tubuh seperti
1.       Merangsan sekresi air liur
Sekresi adalah proses dimana tubuh melepaskan subtansi kimiawi lendir yang berguna untuk membantu kinerja organ tubuh,dan air liur membantu melakukan aktifitasnya disaat kita sedang makan,mengunyah dan juga menelan
2.       Membantu pencernaan
Sekresi cairan lambung berfungsi sebagai enzim pencernaan dalam menghasilkan asam lambung
3.       Melindungi mukosa/lapisan kulit dalam yang melapisi berbagai organ tubuh,seperti mukosa lambung, usus serta merangsang mukosa tersebut untuk menghasilkan lendir atau enzim

Tapi terlalu banyak mengonsumsi  umami yang di buat melalu proses kimia buatan tangan manusia juga tidak terlalu baik lho...
Pada artikel selanjutnya akan saya bahas satu-satu...so tunggu aja yah artikel saya yang selanjutnya

*sumber referensi :majalah lacuisine edisi januari 2013


NB: dilarang keras memirror/plagiat/copas/maupun sejenisnya, hargailah kerja keras orang lain jika anda sendiri ingin di hargai
jika ingin copas harap izin dulu ke admin atau sertakan link sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

selamat datang!!!!! jangan lupa comment ea article yang ada di blog ini.... !!! kalau mau mencopy tulisan yang ada di blog ini harap sertakan link sumbernya!!!
nararya. Diberdayakan oleh Blogger.